Rabu, 14 November 2018

Miliuner Ini Ucap Media Sosial Adalah Kanker

Media sosial memang menjadi topik yang memecah publik. Banyak yang menganggap platform seperti Facebook dan Twitter justru membawa imbas yang negatif terhadap masyarakat.


Salah satunya yaitu miliuner Patrick Soon-Shiong. Dalam wawancaranya dengan CNBC, Soon-Shiong mengkritik bagaimana orang-orang mencari info via media sosial dan juga penyebaran info palsu di media sosial. Ia pun menyebut media sosial ibaratnya 'menyebarkan kanker di zaman ini'.

"Rentang perhatian pendek yang kita ciptakan di milenium ini sebetulnya sangat berbahaya. Ini yaitu konsekuensi yang tidak diharapkan dari media sosial," kata Soon-Shiong seperti dikutip detikINET, Jumat (28/9/2018).

Tak heran apabila Soon-Shiong membuat pernyataan seperti ini. Ia baru saja menjadi pemilik baru salah satu koran dengan sirkulasi terbesar di Amerika Serikat, Los Angeles Times. 

"Dan aku katakan ini yaitu kanker di zaman ini, dan media sosial yaitu bentuk dari metastasis info. Kita sepatutnya merubah paradigma hal yang demikian," ujarnya.

Soon-Shiong juga jelas-terangan mengkritik Facebook. Ia menyebut Facebook sebagai bisnis yang fokus terhadap iklan dan tidak bisa membedakan antara 'so-called fake news,' 'real news' dan 'opinion news.

Sebelumnya, mantan pegawai Google, Tristan Harris juga mengkritik media sosial yang bisa memicu penggunanya untuk kecanduan layar hp. 

Harris juga memperingatkan pengguna media sosial terhadap efek dari 'validasi sosial yang tidak alami' yang didapat dari 'likes' yang didapat pengguna di media sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar